Pekanbaru, The City of Malay

"Pekanbaru ? dimana sih itu ?" Pertanyaan itu kerap terjadi kala kita menyebut nama kota tersebut. Sebagai orang yang pernah tinggal di kota tersebut, saya ingin menceritakan beberapa hal tentang Pekanbaru. Check it out !

Pekanbaru merupakan ibukota provinsi dari Provinsi Riau. Berkisar 1,5 jam menggunakan pesawat dari Jakarta. Provinsi Riau terletak di tengah-tengah Pulau Sumatra, diapit oleh Provinsi Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Jambi. Pekanbaru dilintasi oleh Sungai Siak, yang merupakan sungai terdalam di Indonesia.


Pekanbaru, mempunyai sebutan kota BERTUAH, yang akronim dari Bersih, Tertib, Usaha Bersama, Aman, dan Harmonis. Kota ini dipimpin oleh walikota Herman Abdullah. Perusahaan PTPN V serta Chevron berada di kota ini. Pendidikan di Pekanbaru yang populer antara lain SDN 001 Rintis, SDI As-shofa, SMPN 4, SMPN 1, SMPN 13, SMP Cendana, SMA Cendana, SMAN 8, SMAN 1, SMAN Plus, SMAN 9.( ceweknya cakep-cakep nih bos, hehe ), Universitas Riau dan UIN Susqa. Pekanbaru juga memiliki Mesjid yang sangat besar, yang juga merupakan islamic centre, bernama Mesjid agung An-nur.


Nah sekarang, dari tempat wisata. Pekanbaru dikenal dengan surga belanja di Pulau Sumatra. Apalagi letaknya yang berdekatan dengan Singapura dan Malaysia membuat barang-barang dengan mudah masuk ke kota ini. Salah satu yang populer yaitu, Pasar Bawah. Pasar ini mungkin ibarat Tanah Abang-nya Pekanbaru. Menjual berbagai furnitur, baik itu keramik, karpet, tas, barang tradisional dan lainnya, mampu mengundang wisatawan untuk berkunjung disini. Presiden SBY beserta Partai Demokratnya pernah kesini juga lho.


Kemudian di Pekanbaru tersedia 3 Mall besar. Yang pertama Mall Ciputra Seraya di Jalan Riau. Mall ini mungkin salah satu tempat yang sering dikunjungi kawula muda di Pekanbaru. Satu-satunya mall yang memiliki studio XXI di Pekanbaru. Tapi jangan salah, remaja-remajanya gak kalah gaul deh dengan remaja ibukota, haha. Kedua, Mall Pekanbaru. Mall ini lebih kepada menjual barang-barang elektronik. Ibaratnya, BEC kalau di Bandung deh. Yang terakhir, Mall SKA yang terletak di daerah Arengka. Mall ini boleh dibilang mall untuk keluarga. Ada Carrefournya juga lho, makanya banyak keluarga yang menghabiskan weekend mereka dengan berrjalan-jalan disini.


Pekanbaru juga memiliki taman bermain bernama Kaca Mayang di Jalan Sudirman depan kantor walikota. Namun sayang pengelolaannya kurang profesional, sehingga taman bermain ini terlihat kuno dan tidak menarik. Di depan Kaca Mayang terdapat air mancur yang sering digunakan oleh warga pekanbaru untuk menghabiskan malam minggu mereka, apalagi bagi yang mempunyai anak-anak, permainan odong-odong sangat banyak disini.


Lanjut ya pembaca. Sekarang ada yang bernama Alam Mayang, semacam camping area ataupun tempat rekreasi keluarga. Bertempat di daerah Kulim, daerah ini sangat bagus untuk kita melepas rasa lelah. Ditunjang dengan alam yang hijau, pohon-pohon yang tinggi, serta situasi yang tenang membuat kita beserta keluarga merasa nyaman disini. Dengan bermodalkan kurang dari Rp 50.000, kita sudah bisa menikmati semua yang ada disini. Termasuk wahana flying fox, bebek air, paint ball, dan lain-lain.


Sekarang kita bahas kulinernya. First, tentu Pondok Patin. Tidak sampai 10 menit dari Bandara Sultan Syarif Qasim II, kita sudah bisa menikmati ikan patin yang fresh from oven khas Riau. Kenyang dari Pondok Patin, kita susuri Jalan Sudirman sampai di depan daerah Purna MTQ. Bila di malam hari, kita bisa menikmati jagung bakar serta pisang bakar bersama teman-teman kita. pokoknya maknyos dah.

Belum cukup ?? Kita lanjutkan lagi menuju pusat kota, kita bisa menemukan banyak pondok durian yang tak pernah tergantung terhadap musim di kiri kanan jalan Sudirman. Dengan harga Rp 25.000, Durian lover sudah bisa menikmati durian sampai eneg, hehe. Lanjut, ke daerah Gobah. Terdapat rumah makan padang yang sangat populer, it called Selera Rasa atau biasa disingkat SR. Maknyoss poll dah disini ini. Kita bisa menyantap berbagai masakan padang dengan harga seporsi Rp 12.000 sudah termasuk Es Teh Gelas berukuran jumbo.

Kenyang ?? jangan dulu bos. Ada tempat makan yang sangat saya dan keluarga sukai, namanya Dewi. Tempatnya sih di ruko biasa di ujung Jalan Sudirman, agak susah menemukannya. namun bila kita teliti, kita bisa melihat papan nama tokonya. Tempat makan ini milik orang cina, ya ngejual Cap Cay, Kwetiau, Fu mie, dan lain-lain. Bagi yang muslim, jangan takut. there's no pig oil for us.


Pengen cari penginapan atau hotel . Banyak bos . Dari yang bintang 3 sampai bintang 5. Ada hotel Pangeran di Jalan Sudirman, Hotel Aryaduta di Jalan Diponegoro, Hotel Jatra di Mall Pekanbaru, serta Hotel Labersa di belakang Purna MTQ. Tinggal pilih saja sesuai budget anda.
Oh ya, Pekanbaru juga punya tim sepakbola yang berlaga di Indonesia Super League lho. Namanya PSPS Pekanbaru. Ya, tim promosi yang cukup menggebrak di ISL 2010. Mereka juga punya suporter yang menamakan diri, Askar Theking. Band Lyla dan Geisha juga berasal dari kota iini lho. Ajib daaah,haha...


Udah pengen pulang ? mampir dulu bos di Pasar Buah, pusat oleh-oleh Riau. Antara lain, dodol Riau dan lempuk durian. Letak Pasar Buah ini berada di ujung Jalan Sudirman. Oke, sekian tentang kota Pekanbaru. Come and Visit this city. regard !

Selengkapnya..

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © Blogku : Ekspresiku Curahanku. Design By Best Website Design
Buy Traffic and Templates On Sales